Peran Orang Tua Dan Lingkungan Di Masa Remaja


Di masa pertumbuhan remaja pasti semua ABG (anak baru gede) ingin masa pertumbuhannya menjadi masa pertumbuhan yang baik dan indah tidak ada yang negative ataupun sifat buruk dari masa pertumbuhan mereka ke remaja, namun disaat sekarang masa pertumbuhan anak – anak yang beranjak ke remaja banyak mengalami sifat buruk. Seperti : merokok, mencoba mencuri, mencoba minum minuman keras, DLL.

Itu semua berhubungan dengan peran penting dari lingkungan kehidupan mereka yang sering mempengaruhi masa pertumbuhan mereka, ada sebuah pepatah “LINGKUNGAN YANG BAIK AKAN MENUMBUHKAN GENERASI YANG BAIK DAN LINGKUNGAN YANG BURUK AKAN MENUMBUHKAN GENERASI YANG BURUK”. Maka dari itu disini adalah peran pentingnya lingkungan dan orang tua yang selalu menasehati para anak – anaknya yang lagi di masa pertumbuhan.
Memang sekarang susah memilih lingkungan yang baik untuk masa pertumbuhan para anak yang lagi masa pertumbuhan ke remaja, tapi itu semua bisa di atasi kalau para orang tua bisa mendidik mereka dari masa yang dini agar mereka bisa membedakan buruk dan baik. Memang susah untuk para anak yang masih dalam masa pertumbuhan sekarang untuk bisa membedakan lingkungan yang baik dan buruk karena anak sekarang di masa pertumbuhan sudah mengenal yang namanya rokok dan yang lain yang sudah untuk orang dewasa dan tidak cocok para anak – anak.
Karena anak jaman sekarang keingintahuannya yang sangat kuat dan membuat mereka semakin mau mencoba yang mereka ingin tahu tersebut tanpa berpikir panjang pasti mereka akan mencobanya, jadi disinilah peran orang tua harus kuat untuk menasehati mereka agar tidak terjerumus ke dalam dunia yang buruk. Disini saya akan memberikan sedikit solusi agar para orang tua tidak bingung untuk mendidik mereka, yaitu :
·    Beri mereka kegiatan yang padat,
·   Pilihlah lingkungan yang baik bagi anak yang dalam masa pertumbuhan,
·    Jangan biarkan mereka mengenal barang yang belum pantas untuk mereka sebelum waktunya,
·   Jangan pernah memarahi dengan kata – kata yang tidak benar kepada mereka karena mereka peniru yang yang sangat hebat,
·  Bagi orang tua harus sering juga aktifitas yang mereka lakukan di luar rumah maupun di luar sekolah, dan
·   Ajarkan mereka tentang agama agar mereka bisa menjaga akhlak dan sopan santun sesama yang sebaya dan lebih tua dari mereka.
Jadi, disini yang paling penting adalah peran orang tua dan lingkungan untuk mendidik anak yang sedang masa pertumbuhan ke remaja agar mereka bisa membedakan mana yang buruk bagi mereka dan yang baik mereka, maka bagi orang pilihlah lingkungan yang tepat untuk anak di masa pertumbuhan agar menjadi generasi penerus bangsa yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar